Ilham Arief Siradjuddin

Nama Lengkap Ilham Arief Siradjuddin  
Nama tanpa gelar Ilham Arief Siradjuddin  
Foto foto Ilham Arief Siradjuddin Klik di foto untuk foto yang lebih besar

Data Social Media
Blog  
Facebook https://www.facebook.com/pages/ILHAM-ARIEF-SIRAJUDDIN/132058040333
Twitter
Wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Ilham_Arief_Sirajuddin
Artikel
No Judul URL    
1 Tak Lagi Tersangka, Ilham Akan Kendalikan 11 Pemilihan Bupati di Sulsel http://makassar.tribunnews.com/2015/05/14/tak-lagi-tersangka-ilham-akan-kendalikan-11-pemilihan-bupati-di-sulsel

 

 

Comments

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat hukum tata negara, Irman Putra Sidin, menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi seharusnya tunduk pada putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memenangkan gugatan praperadilan Ilham Arief Sirajuddin, tersangka kasus korupsi Perusahaan Daerah Air Minum Makassar.

"Selama tunduk pada Undang-Undang Dasar 45, KPK harus tunduk pula pada putusan pengadilan," ucap Irman melalui telepon selulernya.

Irman mengatakan bentuk sikap tunduk KPK adalah mencabut status tersangka yang disematkan kepada bekas Wali Kota Makassar tersebut. Sebab, putusan PN Jakarta Selatan sudah menyatakan penetapan tersangka terhadap Ilham tidak sah. "Karena putusan Pengadilan dengan sendirinya membuat Ilham tidak tersangka," ujarnya.

Pengadilan mengabulkan permohonan gugatan praperadilan Ilham lantaran KPK dianggap tak memiliki bukti yang sah untuk menjeratnya sebagai tersangka. Hal itu merujuk pada kesaksian Amiluddin, penyelidik KPK, yang tak mampu mempertahankan argumen penetapan tersangka Ilham. Sebab, dia tak bisa menunjukkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan yang menjadi dasar penetapan Ilham menjadi tersangka.

Irman menuturkan Undang-Undang KPK yang melarang penghentian penyidikan tidak akan menjadi batu sandungan pencabutan status Ilham. Sebab, penghentian kasus bukan kebijakan KPK sendiri, melainkan didasarkan putusan pengadilan. "Tak ada hubungannya dengan UU KPK lagi," katanya.

Irman pun mengimbau agar lembaga antikorupsi itu tidak berupaya melanjutkan kasus tersebut. Apalagi berniat memperbarui status tersangka terhadap Ilham. "Karena bisa jadi kriminalisasi. Itu harus dilawan," ucapnya.

Adapun Kepala Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha menolak menanggapi kemungkinan lembaganya mencabut status hukum Ilham. Apalagi putusan pengadilan belum berada di tangan KPK, "Kalau sudah terima putusannya, kami pelajari dulu sebelum mengambil langkah," ujarnya.

http://nasional.tempo.co/read/news/2015/05/12/063665743/KPK-Didesak-Cabu...

Makassar, Beritakota Online-Seribuan warga kelurahan Tamangapa menggelar Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bersama Ketua DPD Demokrat Sulsel Ilham Arief Sirajuddin dan istri yang juga calon anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham di RW 5 Tamangapa, Kecamatan Manggala, Rabu (29/1/2014).

Pada acara maulid yang dihelat di kediaman tokoh masyarakat Haji Tulo, di bawah naungan tenda keong dengan menutup jalan, Aliyah kembali memboyong ustad kondang Othman Shihab untuk membawakan hikmah maulid dengan tema hikmah silaturahmi.

Dalam sambutannya, Walikota Makassar dua periode yang juga Korwil Pemilu Sulawesi-Maluku ini mengharapkan warga Makassar tidak perlu saling sikut dan bermusuhan dalam memilih calon legislator. Sebab, dari 900 nama caleg dari 12 partai politik, hanya satu pilihan. “Silahkan memilih sesuai yang ada di kepala ta dan di perasaan ta. Jangan meki lagi terpengaruh dengan hasutan,” kata Ilham, seperti dalam siaran persnya yang dikutip dari Tribun.

Ilham menambahkan, waktu pemilu masih tersisa 69 hari lagi. Masih ada waktu merenung dan menimbang caleg siapa yang dipilih, mulai dari DPR RI, provinsi, maupun DPRD Makassar. Selaih Aliyah, hadir pula caleg DPRD Sulsel yang juga Wakil Ketua DPRD Makassar Haidar Majid dan caleg DPRD Makassar daerah pemilihan Panakukang-Manggala, Hamsiah Sangkala.

http://beritakotaonline.com/9131/caleg-dpr-ri-dan-dprd-makassar-demokrat...

Add new comment